1. Dalam bisnis internasional di kenal 2 transaksi bisnis internasional yaitu :
a. Perdagangan Internasional (Internasional trade) adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Penduduk yang dimaksud dapat berupa antarperorangan (individu dengan individu), antara individu dengan pemerintah suatu negara atau pemerintah suatu negara dengan pemerintah negara lain. Di banyak negara, perdagangan internasional menjadi salah satu faktor utama untuk meningkatkan GDP. Meskipun perdagangan internasional telah terjadi selama ribuan tahun (lihat Jalur Sutra, Amber Road), dampaknya terhadap kepentingan ekonomi, sosial, dan politik baru dirasakan beberapa abad belakangan. Perdagangan internasional pun turut mendorong Industrialisasi, kemajuan transportasi, globalisasi, dan kehadiran perusahaan multinasional.
b. Pemasaran Internasional (Internasional marketing) adalah Penerapan konsep, prinsip, aktivitas dan proses manajemen pemasaran dalam rangka penyaluran ide, barang atau jasa perusahaan kepada konsumen diberbagai negara.Untuk memasarkan produk di luar negri.
2. Coba jelaskan bagaimana tahap-tahap dalam, memasuki bisnis internasional dimulai dari tahap yang paling sederhana yang tidak mengandung resiko sampai dengan tahap yang paling kompleks dan mengandung resiko bisnis yang sangat besar ? (6)
1. Ekspor Insidentil : untuk masuk kedalam dunia bisnis internasional suatu perusahaan pada umumnya dimulai dari keterlibatan yang paling awal yaitu dengan melakukan Ekspor Insidentil.
2. Ekspor Aktif : Tahap terdahulu dan dapat berkembang terus serta adanya hubungan bisnis yang rutin dan bahkan transaksi yang semakin aktif.
3. Penjualan Lisensi : Dalam tahap ini Negara pendatang menjual lisensi atau merek dari produknya kepada negara penerima.
4. Frenchising : Merupakan tahap yang lebih aktif lagi yaitu perusahaan suatu negara menjual tidak hanya lisensi atau merek dagangannya saja akan tetapi lengkap dengan segala atributnya termasuk peralatan, proses produksi, resep-resep campuran proses produksinya, pengendalian mutu, pengawasan mutu, serta bentuk pelayanannya.
5. Pemasaran di luar negri : Tahap ini memerlukan manajemen intensitas serta keterlibatan yang lebih tinggi karena perusahaan pendatang harus aktif dan mandiri dalam melakukan manajemen pemasaran bagi produknya itu dinegeri asing.
6. Produksi dan Pemasaran diluar negri : Tahap ini adalah tahap paling intensif untuk melibatkan diri pada bisnis internasional karena kita memproduksi di luar negri dengan modal sendiri lalu memasarkannya di negri itu tersebut.
3. Hambatan apa saja dalam memasuki bisnis internasional ? (5)
1. Perbedaan Bahasa dan Budaya
2. Kondisi Politik atau Undang-Undang
3. Batas Perdangangan dan Tarif Bea masuk
4. Persaingan Dengan Produk Lokal
5. Hambatan Operasional
Tidak ada komentar:
Posting Komentar